Saturday, 15 February 2014

Published 00:37 by with 0 comment

Mengenal IT Project Management


IT Project Management (ITPM) terdiri dari tiga aspek, yaitu
  1. Teknis, misalnya jenis project yang dikerjakan dan teknologi yang digunakan
  2. Manajemen, misalnya mengatur budget, waktu, sdm dan resource lainnya
  3. Humanis, misalnya mengatur gaji dan waktu kerja SDM sesuai dengan kemampuan SDM tersebut
ITPM adalah tentang mengatur biaya (termasuk duit dan resource lain), scope (menentukan kualitas produk), dan waktu (lama pengerjaan). tiga komponen ini selalu tarik menarik, maksudnya tidak mungkin mendapat 100% di tiga komponen tersebut, pasti ada salah satu yang dikorbankan. Misalnya, untuk mendapatkan aplikasi yang baik, berfungsi sesuai requirement, dibutuhkan biaya dan waktu ekstra. Untuk menekan biaya, mungkin menggunakan SDM yang kurang berkualitas, hal ini mungkin mengurangi kualitas produk atau membutuhkan waktu lebih lama daripada jika menggunakan SDM yang lebih berkualitas.
Dalam TI, manajemen proyek dan operasional sehari-hari perlu dibedakan karena proses dan pengelolannya beda cara
ITPM
  1. waktu pengerjaannya relatif singkat dalam term atau periode tertentu saja, misal hanya 3 bulan, walaupun waktunya lama misal 6 tahun, waktu dan periode pengerjaan tersebut dinyatakan dengan jelas dalam dokumen perencanaan
  2. tingkat ketidak pastian yang tinggi, hasil berubah di setiap proyek, setiap proyek dianggap sebagai kasus tertentu yang dipengaruhi oleh berbagai aspek, sehingga hasil akhirnya bisa berbeda-beda tergantung aspek apa saja yang mempengaruhi dan berapa besar pengaruhnya
  3. tujuan berbeda di setiap proyek, tiap proyek memiliki target dan tujuan masing-masing yang menentukan bagaimana proyek tersebut dilakukan dan dikelola
  4. memerlukan beberapa macam keahlian, dalam satu proyek biasanya terdiri dari beberapa anggota tim dengan keahlian yang berbeda-beda untuk saling mendukung dalam menyelesaikan proyek tersebut
ITPM perlu dilakukan karena
  1. business environment (pasar, competitor, policy dst) berubah
  2. organisasi perlu beradaptasi dengan business environement changes dengan menerapkan strategi yang berbeda
  3. perubahan strategi tersebut di capai dengan melakukan proyek (tool untuk menangani tantangan yang disebabkan oleh perubahan bisnis
  4. proyek perlu dikelola untuk memastikan proyek sesuai dengan kualitas/biaya/waktu yang direncanakan
. ITPM perlu dilakukan dengan mempertimbangkan cara pandang organisasi, antara lain
  1. structural: organisasi yang mementingkan struktur dan hirarki, peran, kontrol dan kewajiban. proyek dilakukan dengan mengacu pada SOP yang (kemungkinan besar sudah) ada.
  2. human resource: organisasi yang mementingkan harmonisasi organisasi dan kebutuhan pegawai. proyek dilakukan dengan melibatkan banyak pegawai.
  3. political: organisasi yang politik internalnya tinggi, banyak konflik kepentingan. proyek dilakukan tanpa mengorbankan atau menghilangkan peran pihak/divisi tertentu
  4. symbolic: organisasi yang mementingkan simbol, dan arti kegiatan. proyek dilakukan dengan banyak group meeting, sosialisasi, peresmian, diberitakan di milis atau majalah internal
Sumber : http://rencanait.wordpress.com/
      edit

0 komentar:

Post a Comment